Cari Blog Ini

Tutorial ini akan memberikan langkah demi langkah proses instalasi dan konfigurasi Mikrotik sebagai Gateway Server. MikroTik  RouterOS  adalah  sistem  operasi  linux  yang  dapat  digunakan  untuk  menjadikan  komputer  menjadi  router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hostspot.

Berikut Spesifikasi minimal yang dibutuhkan :

a.      CPU dan motherboard - bisa dgn P1 ~ P4, AMD, cyrix asal yang bukan multi-prosesor

b.      RAM  - minimum 32  MiB,  maximum 1  GiB;  64  MiB  atau  lebih  sangat  dianjurkan,  kalau  mau  sekalian  dibuat proxy , dianjurkan 1GB perbandingannya, 15MB di memori ada 1GB di proxy..

c.      HDD  minimal 128MB  parallel  ATA atau  Compact Flash, tidak dianjurkan  menggunakan  UFD,  SCSI,  apa  lagi
S-ATA (mungkin nanti bisa untuk Ver. 3.0 jika sudah ada)

d.      NIC 10/100 atau 100/1000

Untuk   keperluan   beban   yang   besar   (   network   yang   kompleks,   routing   yang   rumit   dll)   disarankan   untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

Untuk info lebih lengkap bisa dilihat di www.mikrotik.com Anda juga dapat mendownloadnya secara gratis disitus tersebut  namun  hanya  Free  trial  untuk  24  jam  saja  karena  Mikrotik  bukanlah  free  software,  artinya  kita  harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan.

Kita  bisa  membeli  software  MikroTik  dalam  bentuk  licence  di  CITRAWEB,  UFOAKSES,  PC24  yang  diinstall  pada HardDisk  yang  sebelumnya  download/dibuat  MikroTik  RouterOS  ISO  ke  keping  CD  atau  disk  on  module  (DOM).  Jika kita membeli DOM tidak perlu install tetapi tinggal pasang DOM pada slot IDE PC kita.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Mikrotik melalui CD :

1.      Setup BIOS agar dapat Booting melalui CD

Pilih CDROM pada bagian 1st  Boot Device, setelah itu tekan tombol ESCAPE lalu tekan F10 dan pilih Yes

2.      Masukkan CD instalasi Mikrotik setelah Loading maka akan muncul jendela awal instalasi seperti pada gambar di bawah. Pilih semua paket instalasi menggunakan tombol panah dan tandai menggunakan tombol spasi  [Space Bar], untuk mulai menginstall tekan huruf i
3.      Tekan y jika Anda ingin mempertahankan konfigurasi lama, jika ingin melakukan fresh install tekan n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMS GERATIS